Kamis, 07 Desember 2017

HEBAT!! Selain Jokowi, dua tokoh Indonesia masuk daftar sosok muslim paling berpengaruh dunia

Bruniq.com - Dalam deretan 50 besar tokoh muslim paling berpengaruh dunia versi situs the Muslim 500 tahun ini Presiden Joko Widodo berada di peringkat 16. Selain Jokowi ada dua tokoh Indonesia lain yang masuk dalam 50 besar, yaitu Said Aqil Siradj di posisi 22, dan Habib Luthfi bin Yahya di posisi 41.

Said Aqil Siradj adalah Ketua Nahdlatul Ulama Indonesia. Dia pemimpin organisasi muslim independen terbesar di Indonesia dan salah satu organisasi Islam paling berpengaruh di dunia. 

Said Aqil memiliki latar belakang akademis yang luas dalam ilmu-ilmu keislaman. Dia mendirikan Said Aqil Centre di Mesir, sebuah pusat studi yang berfokus pada pengembangan wacana Islam, khususnya di Dunia Arab.


Sementara Habib Luthfi bin Yahya juga termasuk dalam pemimpin muslim paling berpengaruh di dunia. Dia adalah Ketua Majelis Ulama Indonesia Jawa Tengah berusia 69 tahun.

Luthfi sempat ke Makkah dan Madinah untuk mendapatkan pendidikan lebih lanjut, dan mendapat otorisasi (ijazah) di semua bidang pembelajaran tradisional termasuk hadits, dan tasawuf. 

Habib Luthfi juga mendirikan ribuan sekolah, masjid di Indonesia, dan memiliki jutaan umat.

Tokoh muslim dunia lainnya yang masuk dalam daftar ini di antaranya Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al Saudi di peringkat dua, Pemimpin Spiritual Iran Ayatullah Ali Khamenei (4), Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (5), Pemimpin Hizbullah Libanon Hasan Nasrallah (25), Presiden Otoritas Palestina Mahmud Abbas (26), Presiden Mesir Abdul Fatah al-Sisi (31). 
Next article Next Post
Previous article Previous Post