Senin, 11 Desember 2017

Dulu Ahok Begini Disikat Habi. Sekarang Wah Makin Runyam, Lihat!! PKL Diberi Tempat....

Bruniq.com TAMANSARI-Camat Tamansari, Firman menyatakan penataan Pedagang Kaki Lima (PKL) itu dilematis.

Disatu sisi, maraknya PKL berdagang di pinggir jalan dan juga di trotoar harus ditertibkan. Namun disisi lainnya, keberadaan PKLjustru juga bisa meningkatkan perekonomian


"Penanganan PKL itu cukup dilematis. Disatu sisi, PKL sering ganggu jalan dan sebabkan macet dimana-mana. Namun PKLjuga dapat bantuin masyarakat, dengan cara hidupkan ekonomi di masyarakat. Daya beli pun tercipta," paparnya, Senin (11/12/2017).

Berkaca akan hal itu, Firman akui pihaknya kini berencana membangun beberapa titik loksem, untuk para PKL. Namun, perlunya waktu cukup lama.

"Melihat itu, kami ingin membangun beberapa titik loksem untuk pkl. Tujuannya agar menata kondisi PKL dan tidak mengganggu lalu lintas jalan. Jadi masalah yakni para PKL di kawasan Kota Tua. kondisi PKL kota tua tidak beraturan dan kemacetan kerap terjadi setiap kali musim liburan, pengunjung yang datang membuatnya PKL ini menjadi menjamur kan," katanya.

"Tidak hanya itu, keberadaan Lokbin Cengkeh yang jadi pusat PKL, juga tak berdampak signifikan. Lapaknya, yang ada tak menampung PKL yang banyak. Tapi gubernur  mau PKL ditata tapi, tidak digusur. Makanya kami tengah rancang untuk mempusatkan PKL, di beberapa titik. Tanpa mengganggu penghasilan mereka," jelasnya.

Dikatakan Firman, pemusatan PKL itu terletak di wilayahnya. Hal ini dimaksud guna para PKL dapat dibina dengan baik.

"Seperti di bawah Flyover Asemka, Pinangsia, Taman Sari. Keberadaan PKL di sana ya tertata. PKL di tempat itu, kondisi asemka di sisi timur membaik. Satpol PP yang juga tetap dilakukan pengawasan dapat berjaga dan mengatur PKL di sana. Itu, sudah dapat tempat PKL-nya, dan tidak berjualan di bahu-bahu jalan. Pedagang di sana saling berjaga. Begitu teman PKL-nya mengganggu ya mereka akan mengingatkan," jelasnya.

Melihat penataan yang signifikan, dipaparkan Firman kembali, jika berencana akan lakukan pelebaran loksemnya.

Fokusnya, lanjut Firman tertuju pada PKL disebrang Bank BNI, Taman Sari, Jakarta Barat.

"Sebab tiap weekend PKL di sana membludak. Maka dari itu, penataan dilakukan dititik itu ya. Jadi saya ingin adanya loksem baru nanti buat PKL agar tertata baik. Pedagang, tak akan lagi berjualan semerawut. Agar tercapai, sampai di rencana ini masih berdiskusi dengan sejumlah pedagang. Penataan lokasinya, akan dilakukan merujuk hasil musyawarah bersama beberapa para pedagang. Kita liat dulu ajuan mereka lalu kita cek, jangan sampai nantinya mengganggu masalah nantinya," ucap Firman.

Disarankan ...

Loading...

Next article Next Post
Previous article Previous Post
 


ads here