Senin, 27 November 2017

SALAM DUA PERIODE!! Setelah Silangit, pemerintah kembangkan Bandara Sibisa untuk akses ke Danau Toba

Bruniq.com  - Menteri Koordinator Maritim, Luhut Pandjaitan, mengatakan ada sekitar 40 investor luar negeri yang berminat untuk berinvestasi di wilayah Danau Toba. Mereka telah menyatakan kesiapan membangun hotel bertaraf internasional, Convention Center dan fasilitas wisata lainnya. 


Di sisi transportasi, Bandara Sibisa yang berlokasi di kabupaten Toba Samosir akan mulai dikembangkan setelah Amdalnya selesai. Saat ini, menurut Menko Luhut, sedang dilakukan pembangunan akses jalan menuju bandara tersebut.

"Kuartal pertama tahun depan kita harapkan pengembangan Sibisa sudah bisa dilaksanakan, Landas pacu akan kita panjangkan hingga 2.400 atau 2.500 meter agar pesawat besar bisa mendarat disana," jelas Menko Luhut dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (25/11).


Sementara, Bandara Silangit telah diresmikan sebagai bandara internasional oleh Presiden Joko Widodo. Hingga saat ini, tercatat empat maskapai yang menggunakan bandara tersebut, yakni Garuda Indonesia, Citilink, Wings Air, serta Sriwijaya Air.

"Lion Air pun sudah menyatakan minatnya untuk menjadikan Silangit sebagai hub internasionalnya. Tentunya kami juga membuka peluang kepada maskapai lain seperti Airasia atau yang lain," kata Menko Luhut. 

Menurutnya hal ini adalah bagian dari kerja pemerintah untuk merealisasikan target kunjungan wisatawan mancanegara sebesar 20 juta orang pada 2019. Danau Toba ditetapkan menjadi 10 destinasi wisata unggulan tahun 2017. 


Dia mengatakan studi tentang penataan lingkungan dan kebersihan Danau Toba yang sedang dilakukan oleh Bank Dunia akan selesai dalam waktu dekat, hasil studi tersebut akan digunakan untuk menjadi acuan penataan Danau Toba. 

"Kita bisa pakai hasil studi itu untuk menata keramba yang ada disana, juga menata pembuangan limbah, dan penataan lingkungannya. Satu yang terpenting adalah masyarakat harus menjaga kebersihan," jelas Menko Luhut.
Next article Next Post
Previous article Previous Post