Selasa, 28 November 2017

KEREN!! Suvenir Bergambar Sukarno, Jokowi, dan Ahok Dijual di Moskow Rusia, Segini Harganya

Bruniq.com PALMERAH - Ada yang terlihat familiar dari deretan suvenir khas Rusia, boneka matryoshka, di sebuah kios di pasar suvenir Moskow.

Ada gambar Presiden pertama RI Sukarno, Presiden ke-7 RI Joko Widodo (Jokowi), dan mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), dipajang pada beberapa matryoshka.


Ketiganya bahkan dideretkan di dekat matryoshka bergambar Presiden Rusia Vladimir Putin. RBTH Indonesia mengunggah foto ketiga matryoshka bergambar tokoh-tokoh dari Tanah Air tersebut di Facebook, Minggu (26/11/2017).


"Ada wajah-wajah yang pasti tak asing. Ya, dan ini di Moskow," demikian keterangan fotonya.
Pantauan Tribunnews, Selasa (27/11/2017), foto tersebut sudah mendapat reaksi dari seribu lebih pengguna, ratusan komentar, dan dibagikan hingga 651 kali.
Menurut konfirmasi Fauzan dari RBTH Indonesia kepada Tribunnews, foto itu merupakan hasil jepretan Enjay Diana dari KBRI Moskow, saat mengunjungi Pasar Izmailovskiy di Moskow.

Fauzan bercerita bahwa penjual matryoshka bergambar Sukarno, Jokowi, dan Ahok itu bernama Aziz, seorang Rusia yang ternyata lumayan fasih berbahasa Indonesia.
"Kebetulan yang jualan (adalah) orang Rusia, dia juga bisa Bahasa Indonesia. Kami juga kaget karena dia bisa Bahasa Indonesia," kata Fauzan, melalui Facebook Messenger, Senin.
"Pastinya (Aziz) tahu (Sukarno, Jokowi, dan Ahok). Karena dia bilang kayak, 'Ayo, siapa mau beli? Ahok, Ahok, Jokowi...," lanjutnya.

Fauzan menambahkan, matryoshka bergambar Sukarno, Jokowi, dan Ahok itu memang hanya ada di lapak milik Aziz.
Tidak diketahui pasti berapa harga matryoshka bergambar tiga tokoh Indonesia tersebut. Sebab, boneka-boneka seperti itu diberi harga sesuai ukuran, model, dan tingkat kesulitan pembuatan.
"Biasanya yang paling murah 200-250 rubel Rusia (Rp 46 ribu sampai Rp 60 ribu). Ada yang 1.000 rubel (Rp 230 ribu) dapat empat," jelas Fauzan.

"Kalau yang matryoshka Jokowi itu sejujurnya saya lupa, tapi kalau enggak salah itu sekitar 2.000 rubel (Rp 465 ribu)," sambungnya.
Matryoshka bergambar Jokowi dikatakan lebih mahal karena ukurannya lebih besar. Apalagi, di dalamnya masih ada matryoshka-matryoshka lain yang berukuran lebih kecil bergambar presiden Indonesia yang lain. Karena Jokowi merupakan presiden ketujuh, ada enam boneka lain yang ada di dalamnya.
"Dan (lebih mahal) soalnya itu juga unik. Yang jual pasti tahu itu unik buat orang Indonesia, karena gambarnya pemimpin Indonesia," ucap Fauzan.

Respons warganet atas unggahan foto matryoshka bergambar tiga tokoh Indonesia sangat beragam, mulai bangga, sampai malah menanyakan harga.
"kerennnn.....ada pak ahok ...gandeng dg pak jokowi, pak putin dan pak soekarno tokoh dunia, dr indonesia siapa lg min..," tulis akun Yuyu Wahyuni.
"Itu kalau mau pesen gimana caranya.terus berapa harganya," kata akun Hestika V Dexter.
Next article Next Post
Previous article Previous Post