Selasa, 28 November 2017

Hmm!! Ramai Beredar Foto Area Monas Kembali 'Kumuh', Ternyata Faktanya Seperti ini

 Bruniq.com JAKARTA - Di media sosial, beredar foto area silang Monumen Nasional, Jakarta Pusat, kembali dijajah pedagang kaki lima.
Foto tersebut salah satunya diunggah oleh netizen pengguna akun jejaring sosial Twitter dengan akun @Aryprasetyo85, pada 26 November silam.
Bukan cuma mengunggah foto, netizen tersebut juga menuliskan kicauan yang provokatif dalam statusnya.

"SELAMAT DATANG DI JAKARTA JAMAN NOW! SETELAH TANAH ABANG DI JAJAH PKL.. GILIRAN MONAS DI KUASAI PKL... BENTAR LGI ALUMNI WIRO 212 SABLENG IKUT NIMBRUNG TIAP JUM'AT...."cuit akun @Aryprasetyo85.
Dalam foto yang diunggah, terlihat suasana Monas yang kembali dipenuhi oleh pedagang kaki lima, dari penjaja baju hingga mainan anak-anak.
Saat ditelusuri TRIBUNNEWS, cuitan akun tersebut sudah dihapus, tapi TRIBUNNEWS mendapatkan jejak digitalnya.
Berikut cuitan akun @Aryprasetyo85:

(Twitter)
(Twitter)

Ada netizen yang terprovokasi, dan di antara mereka pun saling mempengaruhi.
"Mengenaskan," cuit akun @sipenakecil.
"Tuh di monas rame payung 2 warna warni pkl. Untung nya ibu g suka ke mana 2 di wrng terus cuman rasa prihatien jaa udah rapih malah jdi ruweut semerawut," kicau akun @Iceu_suryani.
"Itulah Jakarta jaman Now..bu hehehehehe," cuit akun @Tohaaza.
Tapi, tak jarang netizen yang cukup pintar dan bijaksana merasakan kejanggalan dalam foto-foto tersebut.
"Kayaknya foto lama, buya. Soalnya resolusi gambarnya jelek,"kicau akun @harrykajoddy.
"Foto lama itu, ngambilnya dari berita," kicau akun @Restu1878.
"Foto pertama skyline merdeka selatan ga ada gedung baru perpusnas. Dipastikan foto lama," cuit akun @_wisnu.

Ternyata, faktanya foto tersebut bukan suasana Monas terbaru di masa pemerintahan Gubernur Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Sandiaga Uno.
Foto-foto yang diunggah akun @Aryprasetyo85 merupakan kolase foto-foto yang diambil dari beragam media, salah satunya Tribunnews.
Foto itu salah satunya diambil pada acara Deklarasi Kampanye Damai dan Berintegritas Pilkada DKI Jakarta di Silang Monas pada 29 Oktober 2016.
Ada pula salah satu foto yang diambil dari Tribunnews merupakan foto Monas Fair.

Acara yang memang dipenuhi PKL tersebut digelar di pelataran silang Monas untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadan.
Foto itu diambil pada Minggu 14 Juli 2013.
Terkait foto hoax itu, netizen pun ikut berkomentar.
"Jadilah orang cerdas, jangan mau dikadalin,percaya yang beginian bikin level pintar turun lagi jadi. ..ha sudahlah,"@mangkuto78.


Netizen pun menyanggah foto hoax tersebut dengan berkicau tentang kondisi teranyar di Monas.
Seperti yang dilontarkan netizen dengan akun @ubegebe1.
"Gue mayan sering ke Monas. Terakhir ke sana PKL msh tertib."
"Kalo Tanahabang, saat ini emang ga serapih tahun lalu. Ini kesaksian sodara yang ga suka banget sm Ahok."

"Excuse sodara gue ini. Jangan2 udah nasib Tanahabang kalo rapih. Bukan tanahabang namanya kalo rapih."
"Tapi kalo Monas kayanya tetap rapih. Gue jg ga masalah ada kegiatan apapun di Monas. Asal sampah diurus. Dan ga ganggu yg piknik santai2."
"Semoga Monas tetap rapih. Gue dua bulan sekali kayanya ada ke monas. Biasanya sabtu atau minggu sore. Dl maen layangan. Skrg ya bengong2 aja."
"Tempat jajanan Monas jg mayan rapih. Harga dipasang. Ga ada harga seenak pedagangnya aja pas bayar. Parkir jg ga susah."
Foto-foto terbaru Monas pun diunggah oleh pengguna akun Twitter.


Next article Next Post
Previous article Previous Post