Home Jokowi Luar Biasa Presiden Jokowi!! Hari Ini, Anak Desa Pelosok Surakarta Mengangkat Raja...

Luar Biasa Presiden Jokowi!! Hari Ini, Anak Desa Pelosok Surakarta Mengangkat Raja Jawa, Rajanya Sendiri, Menjadi Gubernur..

SHARE

Bruniq.com

-Hari ini, sebuah peristiwa rutin menepuk ingatan saya akan ujung-ujung takdir manusia.

Ini tentang Jokowi, presiden kita.

Ia putra pasangan rakyat jelata, Wijiatno Notomiharjo-Sujiatmi, yang sehari-hari berdagang kayu. Masa kecil Jokowi seperti anak-anak kampung lain bermain pasir, membuat terowongan dari tanah, mengejar layangan, menghabiskan waktu dengan berenang dan memancing ikan di kali tak jauh dari rumahnya. Karena tak begitu cukup, pernah juga Jokowi kecil ikut berdagang, menjadi pengojek payung, bahkan kuli bangunan.

Joko Widodo adalah anak Jawa kebanyakan belaka — tiada silsilah agung yang patut dipajang-pajang.

Saat akhirnya beruntung kuliah di Universitas Gadjah Mada, Jokowi juga seperti mahasiswa lazimnya: aktif di kegiatan pecinta alam, tak menonjol benar dalam prestasi akademik, kerap tampil bersendal jepit. Di kota Yogyakarta tempat ia kuliah itu, apabila melintas di pelataran luar keraton, atau berpapasan dengan iring-iringan Sri Sultan, saya bayangkanlah Jokowi menunduk takzim, penuh hormat kepada kebesaran sang pemangku buwana.

Lalu, perjalanan hidup pun berbilang tahun, roda zaman berputar, nasib manusia-manusia ikut menggenapi.

Hari ini, di Istana Merdeka, Jakarta — tempat Jokowi bertahta sebagai Presiden Republik Indonesia — ia melantik Sri Sultan Hamengkubuwono X sebagai Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dengan rasa takjub — dengan mengabaikan perjalanan masa — hari ini, anak desa pelosok Surakarta, kini mengangkat Raja Jawa, rajanya sendiri, menjadi gubernur. Menjadi perpanjangan tangan Presiden dan pemerintah pusat di Yogyakarta.

Begitulah. Bagaimana takdir diletakkan di atas pundak manusia adalah misteri Ilahi semata. Kita hanya bisa berikhtiar dan mengira-ngira.

Foto: Agus Suparto

https://m.facebook.com/story.php…

Loading...
Komentar Lewat Akun Facebook