Home Jokowi Jelas!! Sri Sultan Nilai Gubernur Yogyakarta Tidak Harus Laki-laki

Jelas!! Sri Sultan Nilai Gubernur Yogyakarta Tidak Harus Laki-laki

SHARE

Bruniq.com

JAKARTA – Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X menilai ke depannya Gubernur Yogyakarta tidak harus seorang laki-laki.

“Gubernur sebagai pejabat publik bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia mestinya tidak mengenal jenis kelamin,” ujar Sri Sultan saat menggelar jumpa pers di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (10/10/2017).

 

Pernyataan Sri Sultan selaras dengan putusan Mahkamah Konstitusi terkait uji materiil Pasal 18 Huruf m UU 13/2012 tentang Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dalam Undang-Undang itu, Mahkamah Konstitusi mengabulkan permohonan pemohon yang menginginkan agar kata ‘istri’ dihilangkan.

 

Adanya kata ‘istri’ dalam menyerahkan daftar riwayat hidup oleh calon Gubernur dan Wakil Gubernur DIY telah menimbulkan penafsiran bahwa seolah-olah harus laki-laki untuk menjadi calon Gubernur dan Wakil Gubernur.

 

“Tapi dalam Pasal 18 huruf m itu tidak sepenuhnya materi yang ada dalam uu otonomi daerah itu masuk, masuknya sepotong-sepotong, jadi tidak proporsional itu saja, dari pada orang mepersoalkan itu keputusannya kan dihapus, kan begitu,” kata Sri Sultan.

SHARE
Loading...
Previous articleMengagumkan!! Wakili Jokowi dan Ahok, Djarot ucapkan terima kasih kepada warga Jakarta
Next articleKetika Eggi Sudjana Minta Maaf
loading...
Komentar Lewat Akun Facebook