Home Jokowi Telak, Menyinggung!! Soal Rohingya, PKS: Apa yang Dilakukan Pemerintah Harus Dihargai

Telak, Menyinggung!! Soal Rohingya, PKS: Apa yang Dilakukan Pemerintah Harus Dihargai

SHARE

Bruniq.com

Jakarta РKetum Partai Gerindra Prabowo Subianto menyebut bantuan Indonesia untuk pengungsi Rohingya adalah pencitraan. Sedangkan Presiden PKS Sohibul Iman mengatakan apa pun yang sudah dilakukan pemerintah harus dihargai.

Aksi Bela Rohingya 169 di depan Patung Kuda, Silang Monas, Jakarta Pusat, hari ini diinisiasi oleh PKS bersama sejumlah ormas lain. Aksi ini disebut sebagai bentuk ekspresi dukungan mereka kepada etnis Rohingya yang terpaksa harus mengungsi karena terjadinya konflik di Myanmar.

“Kedua kita mendorong pemerintah Indonesia dan seluruh lembaga internasional untuk punya perhatian yang sama kepada Rohingya, terutama dari sisi kewarganegaraan,” ujar Sohibul usai aksi, Sabtu (16/9/2017).

Menurut Sohibul, pemerintah Indonesia sudah banyak bersikap untuk membantu Rohingya. Bahkan di dunia internasional, aksi yang dilakukan Indonesia jadi seperti sindiran untuk Myanmar.

“Kita minta pemerintah Indonesia untuk memberikan peran yang lebih besar sesuai dengan size Indonesia. Negara terbesar di ASEAN dan negara muslim terbesar,” kata dia.

Tak cukup hanya dengan bantuan, diplomasi Indonesia dinilai harus lebih diperkuat. Baik dengan Myanmar sendiri, dan juga dengan lembaga multiteral.

“ASEAN, PBB, itu harus segera dikonsolidasikan oleh Indonesia. Peran aktif kayak Soekarno dulu supaya memberikan dukungan,” sebut Sohibul.

Namun dia tidak setuju dengan cara pemutusan hubungan diplomatik antara Indonesia dengan Myanmar sebagai bentuk aksi protes karena Rohingya. Sohibul menganggap itu adalah opsi paling akhir.

“Selama kita bisa mendapatkan solusi yang tetap dalam konteks persahabatan, itu harus didahulukan,” imbuhnya.

Mengenai anggapan bantuan yang dikirim pemerintah Indonesia untuk pengungsi Myanmar adalah pencitraan, Sohibul tidak setuju. Sekecil apapun bantuan yang telah diberikan, menurutnya itu harus dihargai.

“Biarkanlah itu cara-cara mereka untuk menyampaikan. Tapi menurut saya, semua yang berperan, sekecil apa pun harus kita hargai, termasuk pemerintah harus kita hargai. Tapi itu memberi kritik. Saya kira kritik mereka itu adalah tadi, itu masih belum cukup buat pemerintah untuk berperan,” papar Sohibul.

Sohibul merasa senang Aksi Bela Rohingya dapat berjalan dengan sukses. “Alhamdulillah kita sangat senang, keterlibatan seluruh masyarakat, baik ormas, itu antusias. Kami senang sekali ya,” ungkapnya.

Sebelumnya Ketum Partai Gerindra saat berorasi mengatakan bantuan yang dikirimkan Indonesia untuk pengungsi Rohingya adalah pencitraan. Hal yang sama juga disampaikan oleh Ketua Mahkamah Kehormatan PAN Amien Rais.

“Percaya sama saya, kalau kita kuat kaum Rohingya kita bantu. Kalau pun kita sekarang kirim bantuan menurut saya itu pencitraan. Kirim bantuan pun tak sampai kadang-kadang,” beber Prabowo.

SHARE
Loading...
Previous articleMerakyat!! Begini Tingkah Lucu Bocah Rian, Bolak-balik Tengok Jokowi Berharap Dapat Sepeda
Next articleLagi, Menyinggung!! Presiden PKS: Jangan Pindahkan Konflik di Myanmar ke RI
loading...
Komentar Lewat Akun Facebook