Home Jokowi Dipuji Jokowi!! Susi Beberkan Besarnya Kerugian Akibat Maling Ikan di Laut RI

Dipuji Jokowi!! Susi Beberkan Besarnya Kerugian Akibat Maling Ikan di Laut RI

SHARE

Bruniq.com

Kendari РMenteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, menceritakan pencurian ikan alias illegal fishing di Indonesia berlangsung cukup lama dan merugikan negara. Bahkan, menurut Susi, illegal fishing merugikan negara hingga ribuan triliun

Hal ini disampaikan Susi saat berbicara dalam Seminar keberlanjutan sektor kelautan dan perikanan di Universitas Halu Oleo, Kendari, Sulawesi Tenggara, Sabtu (16/9/2017).

“Kita tidak akan menuju keberlanjutan perikanan tanpa melawan IUU fishing, kenapa harus dilakukan? Pencurian ikan telah merugikan Indonesia luar biasa, lebih dari Rp 2.000 triliun,” kata Susi.

“Survei 2013 menunjukan nilai tukar nelayan terus menurun, karena hidup nelayan sudah tidak menarik, pada 10 tahun yang sama 115 perusahaan pengelolaan ikan bangkrut, itu kerugian negara miliaran dolar, lalu 1-3 anak Indonesia juga tumbuhnya kontet atau stunting,” lanjut Susi.

Bukan itu saja, Susi juga menyebut ekspor ikan Indonesia nomor 3 di ASEAN, padahal garis pantainya panjang.

“Lalu laut Indonesia itu nomor 2 terpanjang di dunia, kita punya panjang garis pantai 97.000 km, namun ekspor Indonesia hanya menduduki nomor 3 saja di Asia Tenggara,” sambung dia.

Menurut Susi, saat ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin sektor kelautan dan perikanan, hal pertama yang dilakukannya adalah memilah beragam masalah yang ada. Bahkan, Susi sempat meminta Jokowi agar tak ada intervensi pada kebijakannya

“Sebelum duduk di kantor saya banyak bicara dengan presiden, bahkan kalau melakukan penanganan saya memohon tidak boleh adanya intervensi dari institusi manapun, kalau terjadi pekerjaan saya tidak selesai,” ungkap Susi.

“Begitu masuk KKP saya mendaftar, menginventarisir persoalan yang ada, kenapa jumlah nelayan turun, kenapa ekspor turun, akhirnya saya kontrol izin perikanan yang ada, data ekspor, impor, akhirnya memutuskan IUU Fishing ini persoalan besar dunia perikanan dan kelautan Indonesia,” jelas dia.

Susi menambahkan, ia terus bekerja keras mengawal dan mengawasi laut Indonesia sehingga bebas dari aksi pencurian ikan.

“Saya mencari aturan dan hukum untuk menyelesaikan, ternyata Indonesia punya UU dan pasal dimana kita boleh menenggelamkan kalau menangkap ikan secara ilegal,” tegas Susi.

SHARE
Loading...
Previous articleLagi, Menyinggung!! Presiden PKS: Jangan Pindahkan Konflik di Myanmar ke RI
Next articleWoww!! Sanggah Prabowo, Projo: Bantuan ke Rohingya Itu Upaya Nyata……
loading...
Komentar Lewat Akun Facebook