Home Jokowi Dipuji Jokowi!! Begini Cara Susi Sampaikan Sikap Tegasnya ke Negara-negara Tetangga RI

Dipuji Jokowi!! Begini Cara Susi Sampaikan Sikap Tegasnya ke Negara-negara Tetangga RI

SHARE

Bruniq.com
Kendari – Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, bercerita upayanya mengampanyekan kebijakan anti pencurian ikan ke negara-negara tetangga. Hal ini disampaikan Susi di hadapan para mahasiswa Universitas Halu Oleo di Kendari, Sulawesi Tenggara, Sabtu (16/9/2017).

Menurut Susi, saat menjabat sebagai menteri, ia segera membuat berbagai peraturan untuk melindungi wilayah laut Indonesia dari aksi pencurian ikan. Misalnya, aturan moratorium kapal eks asing, larangan bongkar muat di tengah laut atau transhipment, dan tentang disiplin para pegawai Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

“Dari situ saya putuskan undang 6 dubes (Duta Besar), Permen 56 dan 57 spesifik menunjuk untuk menghadapi kapal-kapal ikan asing yang beroperasi di Indonesia,” kata Susi di Universitas Halu Oleo, Kendari, Sabtu (16/9/2017).

Keenam dubes itu berasal dari Malaysia, China, Thailand, Vietnam, Filipina, dan Australia. Susi mengundang mereka makan, sekaligus menyampaikan kebijakan di laut Indonesia hingga penenggelaman kapal.

“Jamuan makan itu berlangsung lama, dan saya bilang kalau ingin menerapkan 2 kebijakan, dan akan eksekusi UU 45/2009 di mana akan menenggelamkan setiap kapal yang mencuri,” kata Susi.

Lanjut Susi, ia meminta para dubes menyampaikan kebijakan Susi ke pemerintah masing-masing. Mereka setuju dan berjanji mendukung kebijakan Susi di laut Indonesia.

“Secara low profile saya minta ambassador membantu saya, dan mereka agree, I will support you. Lalu umumkan di negara anda. Kalau kapal kamu masih ada ya saya tenggelamkan sudah,” tutur Susi.

loading...
Komentar Lewat Akun Facebook