Home Jokowi Woww!!! Segera Dibangun, Jalan Tol Pekanbaru-Padang Sumatera Barat

Woww!!! Segera Dibangun, Jalan Tol Pekanbaru-Padang Sumatera Barat

SHARE
Foto: Grandyos Zafna

Bruniq.com -Pembangunan jalan Tol Pekanbaru-Padang sepanjang 240 kilometer (KM) segera dimulai. Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno memastikan, pembangunan jalan Tol Padan-Pekanbaru akan menggunakan lahan PT Perkebunan Nusantara (PTPN).

Hal tersebut menjadi laporan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Rapat Terbatas (Ratas) tentang evaluasi pelaksanaan proyek strategis nasional dan program prioritas di Provinsi Sumatera Barat, di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (2/8/2017).

Irwan menyebutkan, jalan tol ini pembangunannya dibagi menjadi dua tahap, yang pertama Padang-Bukittinggi sepanjang kurang lebih 80 km, dan Bukittinggi-Pekanbaru sepanjang kurang lebih 185 km.

Dia menyebutkan, untuk berapa besaran penggunaan lahan PTPN untuk Tol Bukittinggi-Pekanbaru masih menunggu laporan dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

“Yang tahu pasti menteri BUMN. Enggak ada masalah. Malah berterimakasih perkebunannya karena akses mudah lewat tol. Kita untung mereka untung. Akan meningkatkan efisiensi dan pendapatan lebih. Jalan tol bisa masuk lahan industri,” kata Irwan di Komplek Istana, Jakarta, Rabu (2/8/2017).

Dia menyebutkan, untuk ruas tol Padang-Bukittinggi sudah disiapkan proses pembebasan lahannya yang dananya berasal dari APBN dan APBD. Namun, untuk merealisasikan itu dibutuhkan trase dan penetapan lokasi dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Diharapkan, pada 2018 ruas Tol Padang-Bukittinggi sudah bisa dimulai pembangunan fisiknya.

“Tadi dari menteri BUMN menyarankan trase ke tanah perkebunan PTPN. Sehingga memudahkan proses pembebasan, biaya, dan mempercepat, walaupun nanti ada konsekuensi membuat terowongan. Menteri PU menyatakan siap untuk menyiapkan,” tambah dia.

Untuk tahap dua dari Bukittinggi-Pekanbaru, Irwan memastikan belum bisa dieksekusi karena perlunya survei terkait kelayakan wilayah yang akan dilalui. Adapun, untuk tahap kedua ini merupakan wilayah yang sering gempa, terdapat gunung merapi, rawa lembah sehingga banyak yang perlu dipertimbangkan.

“Bapak presiden menekankan menteri PU menindaklanjuti secara serius jalan tol ini agar nyambung ke Pekanbaru.

Sementara itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pemerintah pusat masih mencarikan investor untuk merealisasikan jalan tol Padan-Pekanbaru.

“Secara kasat mata tol tersebut cukup feasible, sekarang baru carikan KPBU-nya (Kerja sama Pemerintah Badan Usaha), pertama saya harus buat penlok-nya (penetapan lokasinya), targetnya 2018 bisa dimulai,” ungkap Basuki.

Lanjut Irwan, selain jalan tol juga dilaporkan akan menjalankan program reaktivasi jalur kereta api. Di mana, dari 19 Kota/Kabupaten, terdapat 14 Kota/Kabupaten yang dilalui kereta api pada saat jaman Belanda.

Selanjutnya, program kereta Bandara Minangkabau akan segera beroperasi pada 2018. Sedangkan kereta api antar kota/kabupaten masih akan disambungkan sampai Pekanbaru.

“Jadi tol menyambung feeder barat timur masuk ke Trans Sumatera yang utara selatan. Kereta api juga akan masuk untuk akses penumpang dan barang,” tukas Irwan.

(Sumber;detik.com)

loading...
Komentar Lewat Akun Facebook