Home News Woww!!! Karena Warga Rusun Nunggak, Sekda DKI: Mungkin Solusinya Rumah DP Rp...

Woww!!! Karena Warga Rusun Nunggak, Sekda DKI: Mungkin Solusinya Rumah DP Rp 0

SHARE

Jakarta – Warga dari puluhan rumah susun (rusun) di Jakarta menunggak pembayaran sewanya hingga mencapai Rp 32 miliar. Sekda DKI Saefullah mengusulkan agar rusun dimasukkan dalam program rumah DP Rp 0.

“Kemungkinan rumah DP Rp 0 itu (solusinya) kan ada kemungkinan mereka yang nggak mau bayar karena ngerasa bukan punya saya. Perhitungan gitu tapi kalau nanti jadi punya dia, semangat,” kata Saefullah di Pondok Indah, Jakarta Selatan, Selasa (8/8/2017).

Saefullah saat ini tengah membicarakan opsi tersebut pada jajarannya. Menurutnya, rusun di Jakarta dapat dimasukkan dalam program DP Rp 0.
“Tapi kemarin kami hitung dengan luas 36 meter persegi dengan harga 20 tahun angsuran Rp 2,6 juta. Kalau bank dia harus penghasilan Rp 7 juta bisa angsur,” tuturnya.

Saefullah mengatakan telah membicarakan tersebut dengan Bank DKI dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda). Ia yakin para warga di rusun dapat memenuhi kriteria tersebut. “(Rp 7 juta total) Pendapatan satu keluarga. Saya sudah bicara Bank Indonesia pusat, perwakilan kami undang dan bu Tuty (Kepala Bappeda) update terus. Kalau kami bangun (rusun) terus nggak kekejar,” sebutnya.

Saefullah mengatakan akan menggunakan aset DKI Jakarta untuk mendukung program tersebut. Dirinya juga berencana menggandeng pihak swasta untuk merealisasikan program itu. “Belanja kami hanya Rp 16 triliun setahun. Kalau kami gandeng pihak luar dan manfaatkan aset DKI yang ada kemungkinan bisa,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, masih banyak warga di puluhan rusun yang menunggak sewa. Tak tanggung-tanggung, total tunggakan rusun di DKI mencapai Rp 32 miliar. “Total tunggakan di 23 lokasi rusun sampai Rp 26 miliar pada Januari 2017. Untuk bulan Juni sudah meningkat jadi Rp 32 miliar,” kata Kepala Bidang Pembinaan, Penertiban, dan Peran Serta Masyarakat Dinas Perumahan Rakyat Dan Permukiman DKI Jakarta Meli Budiastuti, Senin (31/7).

SOURCEDetik.com
SHARE
Loading...
Previous articleLihat!!! Sekolah Milik NU di Boyolali Tetap 6 Hari
Next articleMakin Jelas Jokowi Bukan Orang Yang Ingin Senangkan Semua pihak, Tapi Juga Paham Peta Politik, Perlu Dukungan……
loading...
Komentar Lewat Akun Facebook