Home Jokowi Terkait 10 Bulan Saber Pungli Hanya Selamatkan Rp 17 Miliar, Begini Pernyataan...

Terkait 10 Bulan Saber Pungli Hanya Selamatkan Rp 17 Miliar, Begini Pernyataan Wiranto

SHARE
Menteri Koordinator Bidang Poltiik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Wiranto.

Bruniq.com- Selama sepuluh bulan beroperasi, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Wiranto, menyebut Satgas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli), sudah berhasil menyelamatkan Rp 17.623.205.500.
Dalam pemaparannya di hadapan pimpinan media, di kantornya, Jakata Pusat, Selasa (1/8/2017), ia mengakui angka tersebut tergolong kecil jika dibandingkan dengan apa yang sudah diselamatkan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kepolisian maupun Kejaksaan.
Hal itu karena tugas Saber Pungli beda dengan para penegak hukum tersebut.

“Kenapa angkanya kecil, kenapa nggak triliunan. Saber Pungli ini hanya menghambat, begitu ketahuan, stop dia, kita tidak mengusut apa yang telah mereka rampas,” ujar Wiranto yang merupakan Penanggungjawab Satgas Saber Pungli.
Di KPK seorang tersangka korupsi akan diaudit seluruh kekayaannya oleh lembaga anti rasuah tersebut.
Setiap kekayaan yang tidak bisa dipertanggungjawabkan, maka KPK akan memperkarakan harta sang tersangka.
Hal tersebut membuat KPK bisa menyelamatkan uang negara, lebih dari sekedar mengamankan uang yang diamankan saat Operasi Tangkap Tangan (OTT).

Di Kepolisian dan di kejaksaan, prosedur yang serupa akan diterapkan terhadap seorang tersangka korupsi.
Namun menurut Wiranto, tim Saber Pungli, pihaknya tidak punya kewenangan sejauh itu.
Selain itu OTT bukanlah sasaran utama Saber Pungli, sasarn utamanya menurut Menkopolhukam adalah menghentikan aksi pungli.
“OTT itu sambilan sebenarnya, dapatnya segitu, dari pada tidak,” ujarnya dengan nada bercanda.
Saber Pungli juga tidak hanya fokus ke uang negara. Berbagai kegiatan pungli yang mengganggu kehidupan masyarakat, juga ditangani oleh pihaknya menurut Wiranto.
Ia mencontohkan, jika di pasar Tanah Abang para pedagangnya harus membayar pungli setiap harinya, maka satgas Saber Pungli akan turun tangan.

Selain itu Saber Pungli juga bergerak di wilayah Pantura, di mana para sopir baik bus maupun truk, kerap dimintai pungutan liar oleh oknum.
Hal itu menyebabkan biaya operasional tinggi, dan tarif yang dibayar masyarakat juga semakin tinggi. Wiranto mengatakan di Pantura oknum-oknum tersebut sebagian besarnya sudah ditindak.
“Saya jamin Saber Pungli akan terus berjalan, kita tidak akan lelah melakukan ini, dengan demikian keberlangsungan ini terus jalan,” ujarnya.

(Sumber:Tribunnews.com)

loading...
Komentar Lewat Akun Facebook