Home Jokowi Tegas!!! Terkait Pembaca Proklamasi Giliran Ketua MPR, Bukan Novanto

Tegas!!! Terkait Pembaca Proklamasi Giliran Ketua MPR, Bukan Novanto

SHARE

Bruniq.com
Jakarta – Sempat muncul tanda tanya soal siapa gerangan yang membaca teks proklamasi pada upacara peringatan kemerdekaan ke-72 RI di Istana Merdeka pada 17 Agustus 2017. Ketua DPR Setya Novanto dikabarkan bakal membacakan teks bersejarah itu.

Namun Menteri Sekretaris Negara Pratikno menjelaskan, bukan Novanto yang akan membacakan teks proklamasi itu, melainkan Ketua MPR Zulkifli Hasan. Soal ini, Sekretariat Negara sudah bersurat ke Zulkifli.

“Seingat saya, kita sudah mengirimkan surat pada Ketua MPR,” kata Pratikno di depan kantornya, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Senin (7/8/2017).

Pratikno menjelaskan, mekanisme pembacaan teks proklamasi dalam upacara kemerdekaan memang punya tradisi khusus. Pembacanya akan digilir dari satu ketua ke ketua lembaga tinggi negara yang berpusat di Senayan itu, yakni DPR, DPD, dan MPR. Pada perayaan kemerdekaan di tahun 2017 ini, yang dapat giliran memang bukan Ketua DPR Setya Novanto.

“Nggak. Gilirannya memang Ketua MPR,” kata Pratikno tersenyum.

Baru-baru ini, media sosial diramaikan dengan isu menolak Novanto sebagai pembaca teks proklamasi. Novanto adalah Ketua DPR dan politisi Partai Golkar yang saat ini menyandang status tersangka kasus korupsi e-KTP.

Mekanisme bergiliran membaca teks proklamasi ini sudah diberlakukan. Pada 2015, pembacanya adalah Novanto. Tahun 2016, pembacanya adalah Ketua DPD yang saat itu dijabat Irman Gusman. Maka kini 2017, pembacanya adalah Ketua MPR yang sedang dijabat Zulkifli Hasan.

SOURCEDetik.com
SHARE
Loading...
Previous articleJadi Viral, Sungai Bah Bolon di Sumut Berubah Jadi Merah. Pertanda Apa Ya….
Next articleLho..Fadli Zon Sebut Pidato Viktor Bak Kasus ‘Ahok Kecil’, Ini Alasanya….
loading...
Komentar Lewat Akun Facebook