Home Jokowi Tantangan Fahri Hamzah: Ayo Mulai Ngomong, Jangan Diam!

Tantangan Fahri Hamzah: Ayo Mulai Ngomong, Jangan Diam!

SHARE
Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah

Bruniq.com
JAKARTA – Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah berharap agar pihak-pihak yang berniat menjadi calon Presiden pada Pemilu 2019 untuk tampil mulai dari sekarang.

Sebab, saat ini ia melihat belum ada calon yang lebih kuat dari Joko Widodo untuk kontestasi pilpres mendatang.

“Siapapun yang minat jadi capres ayo mulai ngomong dong. Jangan diam-diam!” kata Fahri di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (8/8/2017).

Pertarungan politik di 2019, menurut dia, akan lebih seru jika angka ambang batas pencalonan presiden (presidential threshold) 0 persen atau semua parpol bisa mengusung pasangan capres-cawapres.

Sebab, calon presiden yang muncul akan cenderung lebih banyak ketimbang jika presidential threshold nantinya tetap sebesar 20 persen kursi parlemen atau 25 persen suara nasional.

Undang-undang Pemilu yang mengatur presidential threshold akan diuji materi oleh Mahkamah Konstitusi.

“Saya berharap presidential threshold 0 persen. Pertinjuannya bisa ramai karena setiap partai punya jagoan masing-masig. Itu baru asyik. Tapi kalau 20 persen bisa-bisa Pak Jokowi enggak ada lawan karena belum keliatan ini (lawannya),” tutur dia.

Saat ini, tujuh partai berada di koalisi pendukung pemerintah. Partai yang berada di luar pemerintah jumlahnya lebih sedikit.

Dengan posisi tersebut, kata Fahri, maka kekuatan penantang Jokowi mesti lebih kuat.

Baca: Anak Camat di Nagan Raya Terima Rumah Untuk Warga Miskin

“Kalau oposisinya enggak kuat, bisa-bisa dia (Jokowi) terpilih lagi,” ucap mantan Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu.

Sejumlah partai menyatakan akan mendukung Jokowi pada Pilpres 2019.

Dukungan partai politik Jokowi setidaknya sudah dideklarasikan oleh Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Hanura, Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Partai Solidaritas Indonesia dan Partai Perindo.

Calon lain yang diwacanakan maju Pilpres, yakni Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Gerindra saat ini tengah menunggu jawaban Prabowo apakah bersedia maju kembali dalam Pilpres.

loading...
Komentar Lewat Akun Facebook