Home Jokowi Megawati Sebut Mental Bangsa Indonesia Makin Berkurang, Ini Pemaparanya….

Megawati Sebut Mental Bangsa Indonesia Makin Berkurang, Ini Pemaparanya….

SHARE

Bruniq.com
– Presiden Indonesia kelima Megawati Soekarnoputri memprotes banyak seniman-seniman berlebihan dalam mengekspresikan sesuatu dalam sebuah lukisan mereka. Alhasil karya yang dihasilkan berbeda dengan aslinya.

“Lama-lama ke sini saya suka protes, karena kalau dulu gambar wanita itu sesuai dengan sosoknya. Tapi makin ke sini, saya selalu bilang kalau sekarang terlalu dipoles, jadi orang asli dengan gambar terlalu cantik,” katanya saat melihat pameran lukisan koleksi Istana Kepresidenan dengan tema ‘Senandung Ibu Pertiwi’ di Galeri Nasional, Kamis (10/8).

Ketua Umum PDI Perjuangan ini mengungkapkan, lukisan saat ini mulai meninggalkan rasa. Salah satu penyebabnya, dia menduga, karena majunya perkembangan teknologi hingga akhirnya menghegemoni karya seniman.

“Nah orang jawa itu susahnya, mengikutinya karena ada namanya roso (rasa). Mungkin kalian ini karena sudah saking majunya tekno mungkin gak ada lagi. Ketika kita yang tua-tua ini kita diajari dari sudut kebudayaan harus punya roso (rasa). Roso itu sangat sulit sekali,” jelasnya.

Selain itu, Megawati sempat menyinggung dampak tidak adanya rasa dalam kehidupan. Beberapa kasus bullying yang terjadi karena degradasi mental bangsa.

“Karena mental bangsa kita itu sudah makin berkurang apa yang disebut orang Jawa roso. Kalau orang Jawa yang tua itu pasti tau kan ada bahasa Jawa gini piye rasa mu (gimana perasaanmu),” pungkasnya.

loading...
Komentar Lewat Akun Facebook