Home Jokowi Djarot: “Ini kan lintas provinsi, Jakarta, Banten dan Jawa Barat. Oleh karena...

Djarot: “Ini kan lintas provinsi, Jakarta, Banten dan Jawa Barat. Oleh karena itu, gubernur Jakarta itu (seharusnya) selevel menteri,”

SHARE
Djarot Saiful Hidayat.

Bruniq.com -Untuk membangun Kota Jakarta agar dapat disandingkan dengan ibu kota negara-negara maju lainnya, diperlukan pembangunan lintas provinsi. Namun, Pemprov DKI Jakarta kerap kali kesulitan berkoordinasi dengan pemerintah daerah sekitarnya saat ingin melakukan pembangunan yang berkesinambungan.

Karena itu, Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat berharap gubernur DKI memiliki wewenang setingkat menteri.

“Ini kan lintas provinsi, Jakarta, Banten dan Jawa Barat. Oleh karena itu, gubernur Jakarta itu (seharusnya) selevel menteri,” kata Djarot di Balai Kota DKI, Jakarta, Senin (31/7).

Pada era Presiden Soekarno, gubernur DKI Jakarta bisa mengoordinasi daerah sekitarnya, karena Jakarta memiliki kata khusus, yaitu daerah khusus ibu kota.

“Zaman Bung Karno begitu. Jadi gubernur Jakarta juga bisa mengoordinasi daerah sekitarnya. Karena ini namanya daerah khusus ibu kota. Ada kata khusus-nya lho. Maka, jabatan gubernur, siapa pun gubernurnya, tentunya harus selevel dengan menteri,” ujarnya.

Dengan begitu, lanjutnya, gubernur DKI mempunyai kemampuan dan kewenangan untuk mengintegrasikan kawasan sekitarnya, khususnya di kawasan Jabodetabek. Bila terjadi integrasi yang baik di Jabodetabek, pemerintah tidak perlu membuang energi untuk memindahkan ibu kota negera.

“Daripada kita buang energi, buang-buang perkataan, gaduh untuk pindah. Ada yang di Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Sulawesi Selatan. Yang saya perlu sampaikan Indonesia adalah negara kepulauan, bukan negara daratan. Maka, tidak sesederhana memindahkan satu ibu kota di Pulau Jawa ke pulau lainya. Lain dengan Malaysia, itu berdekatan. Lain dengan Australia, beda,” tegasnya.

Sumber: BeritaSatu.com

SOURCEBeritaSatu.com
SHARE
Loading...
Previous articleTegas!! Sayap Muda PDIP Sebut Arief Poyuono Provokator
Next articleDiundang Jokowi, Komunitas Umat Hindu: Kami Sangat Acungi Jempol, Apresiasi, Bahwa kami…..
loading...
Komentar Lewat Akun Facebook