Home Jokowi Bukan Pemerintah Ini Saja Bikin Utang, Pemerintahan Yang Sebelumnya Pun Juga…..

Bukan Pemerintah Ini Saja Bikin Utang, Pemerintahan Yang Sebelumnya Pun Juga…..

SHARE
Foto: Rachman Haryanto

Bruniq.com- Menko Perekonomian Darmin Nasution cukup heran ketika utang menjadi sesuatu yang menghebohkan. Alasannya, utang pemerintah bukan baru tiga tahun ke belakang, tapi sejak lama.

Pemerintahan yang sebelumnya pun juga mewariskan utang, yang kemudian dibayar pada periode sekarang. Nilainya juga mencapai ratusan triliun.

“Soal utang ya kita enggak bikin apa-apa juga kita harus bayar utang banyak loh. Bukan pemerintahan ini saja yang bikin utang dari dulu udah ada utang itu ya,” ungkap Darmin di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (1/8/2017).

Posisi utang pemerintah hingga Juni 2017 tercatat sudah mencapai Rp 3.706,52 triliun atau naik dibandingkan periode Mei 2017 sebesar Rp 3.672,33 triliun.

Darmin ingatkan agar masyarakat tidak terpaku pada nominal utang, melainkan penggunaan utang. Di satu sisi memang perlu diperhatikan soal rasio utang terhadap Produk Domestik Bruto (PDB).

“Jangan karena naik utang kemudian dianggap sudah masalah-masalah besar,” tegas Darmin.

“Itu yang paling penting adalah utangnya dipakai untuk menggerakkan ekonomi untuk bangun infrastruktur untuk bangun Kawasan Industri untuk bangun KEK dan sebagainya,” paparnya.

 

Pilihan pemerintah memang tidak terlalu banyak. Saat gencar membangun infrastruktur, kondisi perekonomian secara global melemah yang berpengaruh signifikan terhadap investasi banyak perusahaan hingga penerimaan pajak.

Infrastruktur harus dibangun karena Indonesia sudah jauh tertinggal dengan membutuhkan tambahan dana dari utang.

“Kita pemerintah tidak hanya fokusnya infrastruktur walaupun pemerintah memang cukup mengutamakan infrastruktur. Kenapa karena memang itu yang paling tertinggal di kita,” tandasnya.

 

 

(Sumber:detik.com)

loading...
Komentar Lewat Akun Facebook