Home Jokowi Acho Tidak Bisa Dipidana dan Harus Dilindungi, Menurut Anda ?

Acho Tidak Bisa Dipidana dan Harus Dilindungi, Menurut Anda ?

SHARE
Muhadkly Acho

Bruniq.com

– Komika Muhadkly alias Acho dijadikan tersangka pencemaran nama baik karena curhat soal apartemennya di sebuah blog yang beredar di internet. Pakar hukum pidana Abdul Fickar Hadjar menilai tidak ada unsur pidana terhadap Acho karena posisinya sebagai konsumen apartemen tersebut.

“Acho tidak bisa dipidanakan karena pencemaran nama baik melalui internet sebagaimana diancamkan pasal 27 ayat 3 UU ITE juncto 310 KUHP, karena yang dikemukakan Aco dapat dikualifikasi sebagai pembelaan terhadap hak-haknya yang tidak dipenuhi developer yang juga menjadi kepentingan umum, khususnya para pemilik apartemen. Karena itu meskipun dibawa ke pengadilan seharusnya Acho dibebaskan dari segala tuntutan,” ucap pakar hukum pidana Trisakti Fickar, kepada detikcom, Senin (7/8/2017).

Fickar menilai hubungan antara Acho dan pengembang yang bersifat pembeli dan penjual harusnya diselesaikan dengan hukum perdata. Dia juga mengatakan Acho harusnya dilindungi sebagai konsumen.

“Pola hubungan Acho dan developer adalah hubungan keperdataan penjual dan pembeli. Dalam konteks UU Perlindungan konsumen, hak Acho harus dilindungi,” ujarnya.antara

Dia menambahkan apa yang dicurhati Acho merupakan hak konsumen dalam menagih janji kepada penjual sehingga hal itu seharusnya diselesaikan lewat Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) atau pun gugatan perdata ke pengadilan negeri.

“Acho bersama pemilik apartemen lain atau konsumen berhak juga menuntut ganti rugi atas tidak diwujudkannya ruang terbuka hijau melalui BPSK atau ke pengadilan negeri,” kata dia.

Kasus Acho bermula saat dia menuliskan kekecewaannya terkait fasilitas yang disediakan pengembang Apartemen Green Pramuka, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, di blog pribadinya muhadkly.com pada 8 Maret 2015 silam.

Semula, stand up comedian ini berharap mendapatkan kawasan ruang terbuka hijau seperti yang dijanjikan pengelola. Akan tetapi, setelah menempati apartemen tersebut, Acho merasa apa yang dijanjikan tidak sesuai dengan kenyataan.

Acho juga mengunggah cuitan di Twitter soal berita media massa terkait pungli di Green Pramuka Apartemen dan jawaban atas pertanyaan yang diajukan di Twitter. Gara-gara cuitan ini Acho dipolisikan pihak pengembang.

SOURCEdetik.com
SHARE
Loading...
Previous articleSaat Jokowi-Erick Thohir Smash Susi Susanti dan Legenda Tenis Meja, Begini Penampakanya…
Next articleMantab!!! RI Sudah Siap Kembangkan Mobil Listrik
loading...
Komentar Lewat Akun Facebook